Jumat, 02 Desember 2016

ULASAN 1



Unikernels- Who, What, Where, When, Why - Adam Wick, Galois



Dalam sebuah acara bernama Xen Project User Summit, seorang pembicara bernama Adam Wick membawakan topik mengenai "Unikernels-Who, What, Where, When, Why" pada tanggal 15 September 2014. Video tsb dapat ditonton melalui URL https://www.youtube.com/watch?v=2NuKkGWGg8I atau melalui link video di atas. Video tsb diunggah oleh akun youtube The Xen Project pada tanggal 2 Nopember 2014 dengan durasi 43 menit 49 detik. 

Pada awal pembicaraan, Adam menjelaskan mengenai perkembangan platform. Saat ingin membangun sebuah aplikasi, hal pertama yang dilakukan adalah memilih platform yang akan digunakan. Pada masa 10 tahun yang lalu, hanya terdapat dua pilihan platform yaitu Linux dan mini OS yang memiliki perbedaan yang sangat jauh dalam hal kemudahan dalam pengembangan aplikasi. Beberapa tahun berikutnya, muncul beberapa alternatif yaitu windows, BSD Daemon, HALVM, dll. Baru-baru ini perusahaan ditempat Adam bekerja yaitu Galois yang mengembangkan sebuah sistem Free RTOS

Pembahasan selanjutnya lebih ditekankan pada OS Unikernel. Menurut kamus sistem operasi, Unikernel adalah sebuah Virtual Machine yang memiliki satu Bahasa dan satu fungsi yang digunakan pada environtmen yang minimal. Seperti pada sistem operasi lainnya, Unikernel juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal kelebihan Unikernel, biasanya terdapat tiga alasan utama yang mendasari penggunaan unikernel untuk aplikasi yaitu untuk penghematan biaya, waktu serta untuk peningkatan keamanan sistem. Dari segi kekurangan, biaya juga bisa jadi merupakan kekurangan dari Unikernel.

Menurut saya, video tsb memiliki konten yang cukup menarik karena memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai sistem operasi yang menggunakan Unikernel. Dalam menyampaikan topiknya, pembicara memberikan dasar pengetahuan secara umum kemudian mempersempit pembahasan sehingga pembahasan menjadi lebih jelas terutama untuk orang awam. Bahasa yang digunakan relatif mudah dimengerti serta tidak terlalu teknis. Selain itu, pembicara juga memberikan contoh nyata berdasarkan pengalaman selama bekerja di perusahaannya sehingga memberikan penggambaran yang lebih mudah. Pada akhir pembicaraannya, pembicara memberikan kesimpulan general dari pokok bahasannya mengenai Unikernel sehingga lebih mudah dipahami.

Demikianlah ulasan dari video youtube pada URL https://www.youtube.com/watch?v=2NuKkGWGg8I berdurasi 43 menit 49 detik. Semoga ulasan mengenai video tsb dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai konten video secara keseluruhan dan dapat menarik minat pembaca untuk menonton video tsb. Ulasan video ini dapat dilihat pada URL http://fitriasari-os162.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-1.html dengan github account penulis ulasan : https://github.com/fitriasari serta Submisi Revisi Pertama dan Terakhir dilakukan pada tanggal 10 Desember 2016. 



0 komentar:

Posting Komentar