Jumat, 09 Desember 2016

ULASAN 2


Felix Crux What You Need to Know About Open Source Licenses PyCon 2016

Seorang pembicara bernama Felix Crux membawakan topik "What You Need to Know About Open Source Licenses" dalam acara PyCon2016. Video tsb dapat ditonton melalui link di atas atau pada URL https://www.youtube.com/watch?v=9kGrKBOytYM. Video diunggah oleh akun Youtube PyCon 2016 pada tanggal 17 Juni 2016 dengan durasi video selama 42 menit 04 detik. 

Meskipun saat ini free sotware dan open source software ada dimana-mana,  tetapi aspek legal dari software tsb seringkali membingungkan, membosankan, mengintimidasi dan bahkan sebagian berpikir bukan hal yang penting. Aspek legal biasanya hanya dipandang sebagai sebuah aturan yang hanya harus diikuti agar software yang digunakan dapat berjalan dengan semestinya. Namun sebenarnya dari aspek legal tersebut kita dapat mempelajari inti dari software tsb yang nantinya dapat membantu mengembangkan software dan mencapai tujuan penggunaan software sesuai dengan keinginan kita. 

Pada permulaan videonya, Felix Crux menjelaskan mengenai Hak Kekayaan Intelektual (HKI) atau Intellectual Property serta kategori HKI yaitu Copyright©, Moral Right (Hak Moral), Patents dan  Trademark™ (Merek Dagang). Menurut Felix, HKI adalah hak eksklusif atas sesuatu yang tidak berwujud (intangible asset) yang timbul dari kemampuan berfikir atau olah pikir. Secara hukum, HKI memberikan kebebasan kepada pemiliknya untuk menguasai intangible asset tsb. Penjelasan mengenai masing-masing kategori dan perbedaannya dapat dirangkum dalam tabel berikut :

Copyright             
Moral Right
Patents                     
Trademark                      
Melindungi karya kreatif dan ekspresif
Tidak komersial dan aturan serta definisinya berbeda di setiap negara                               
Untuk melindungi penemuan yang fungsional
Melindungi dari karya palsu dan peniru
Bertujuan untuk mendorong lebih banyak karya
Hak untuk menghubungkan dengan integritas hasil karya

Meliputi nama, logo dan identitas lainnya yang sejenis
Secara otomatis diberikan kepada penciptanya
Tidak secara otomatis diberikan
Secara ekslusif diberikan
Sebenarnya otomatis diberikan, tetapi merk dagang yang didaftarkan ® lebih kuat
Jangka waktu terbatas namun ada juga yang selamanya                            
Jangka waktu selamanya dan tidak mungkin dilepaskan atau dipindahkan                                  
Jangka waktu terbatas                              
Merk dagang terdaftar terbatas waktunya                                
 

Konten video tsb menarik karena memberikan pengetahuan yang lebih mendalam mengenai aspek legal dalam dunia komputer. Bila dikaitkan dengan sistem operasi, pemahaman mengenai lisensi merupakan hal yang penting apabila akan menggunakan maupun mengembangkan suatu sistem operasi. Selain itu, pembicara menjelaskan dengan detail dasar-dasar HKI termasuk perbedaannya sehingga penonton dapat memahami dengan mudah. 

Melalui ulasan ini, diharapkan pembaca dapat memiliki gambaran umum mengenai konten video sebelum menonton video tsb dan tertarik untuk menonton langsung melalui URL https://www.youtube.com/watch?v=9kGrKBOytYM berdurasi 42 menit 04 detik. URL ulasan yaitu http://fitriasari-os162.blogspot.co.id/2016/12/ulasan-2_9.html dengan github account penulis ulasan : https://github.com/fitriasari serta Submisi Revisi Pertama dan Terakhir pada tanggal 10 Desember 2016


0 komentar:

Posting Komentar